Tips Membuat Laporan Prakerin Yang Cepat Dan Efisien

Menyusun Laporan Praktek Kerja Lapangan 

Hallo Akang Teteh yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan dimanapun kalian berada. Semoga sehat selalu dan diberikan kelancaran atas segala yang dikerjakan Amin.

Untuk teman-teman yang sedang menjalankan Prakerin, sebentar lagi masa lelah kalian akan berakhir, benar bukan? Meskipun ya ada yang sebulan lagi ataupun bahkan yang esok lusa telah selesai menjalankan Prakerin.

Apa sih yang kalian rindukan dari masa Prakerin? rindu dari segi pekerjaannya?  Kerjasama dengan Ibu atau Bapak senior di tempat Prakerin? Atau ada yang rindu nongkrong-nongkrong sambil  nge-Wifi di tempat Prakerin karena gak ada kerjaan? Hayo... kalian rindu yang mana?

Eitsss jangan salah...
Ingat yaa teman-teman, Prakerin bukanlah akhir dari segalanya. Ada Laporan dan Sidang yang menanti kalian di depan loh. Untuk itu, yuk mari lebih rajin lagi membuat Laporan dari sekarang, Agar nanti tidak kerepotan pada saat dikonsultasikan dengan guru pembimbing.
Bisa jadi nilai Prakerin kalian gak lulus loh, Karena Laporan dan Sidang yang belum selesai.

Untuk itu, disini saya akan membagikan beberapa tips agar Laporan Prakerin cepat selesai:

1. Meminta Softcopy file dari Alumni

Cara ini bukan menyuruh kita untuk curang ya teman-teman! tapi ini merupakan cara yang efektif agar kalian tidak menunda nunda pembuatan laporan, ataupun Softcopy File ini bisa dijadikan referensi pembuatan laporan teman-teman kalian juga.

2. Meminjam Hardcopy Laporan Dari Setiap Kejuruan

Ini juga salah satu tips untuk menambah referensi teman-teman dalam membuat laporan. Namun yang harus teman-teman perhatikan, lihat terlebih dahulu laporan siapa yang ingin kita jadikan referensi, misal: pastikan laporan yang kita pinjam adalah jenis laporan yang sesuai dengan jurusan atau keahlian kita, carilah Hardcopy Laporan yang dikerjakan oleh Kakak-kakak yang memang terdengar ataupun terlihat ahli dalam bidang tersebut.

3. Niatkan Dalam Hati dan Pupuk Semangat 

Setelah teman-teman mendapatkan dasar yang harus dikerjakan, kita tinggal niatkan dengan sepenuh hati, juga pupuk semangat yang menggebu untuk menyelesaikan Laporan Prakerin ini.

4. Konsentrasi dan Fokus

Konsentrasi itu perlu dalam pembuatan Laporan Prakerin, agar apa yang kita kerjakan tepat sasaran dan tercipta Laporan yang bagus dan memuaskan. Dengan konsentrasi kita mampu mengembangkan setiap kata menjadi kegiatan dan pengalaman yang telah kita lakukan selama kita Prakerin.

5. Tuliskan di dalam Laporan Apa yang Menjadi Keahlian Kita

Meskipun ditempat Prakerin kita bisa dibilang Gaptek. Namun, setiap orang pasti mempunyai keahlian yang lebih di bidangnya masing-masing. Untuk itu, jelaskan di Laporan yang kita kerjakan mengenai keahlian kita. Dengan begitu, akan ada daya tarik tersendiri ketika guru pembimbing membaca Laporan kita, dan sudah pasti kita akan mendapatkan nilai lebih dari apa yang menjadi keahlian kita.

6. Teliti Dalam Mengerjakan Laporan

Teliti dalam mengerjakan laporan sangatlah penting, jangan sampai kita terkena beberapa kali revisi-an hanya karena kita kurang teliti. Beberapa kali terkena Revisi-an juga dapat berpengaruh terhadap nilai dan guru pembimbing mungkin akan menilai kita kurang "Kompeten" dalam hal ini.

7. Ketika Sudah Selesai Mengerjakan Laporan, Pelajari Kembali Laporan Tersebut

Belajar sangatlah penting, apalagi mempelajari Laporan yang telah kita kerjakan. Fungsinya adalah agar teman-teman telah menguasai setiap bagian yang ada di dalam laporan tersebut. Agar nanti ketika memasuki "masa Sidang", teman-teman sudah tidak harus menghafal isi laporan tersebut dan dengan dipelajari kembali, teman-teman dapat mampu mempresentasikan hasil laporan tersebut dengan baik didepan guru pembimbing.

Itulah artikel mengenai tips pembuatan laporan Prakerin yang cepat dan efisien semoga bermanfaat dan tetap semangat teman-teman.

Tidak ada komentar